Pengantar Bisnis Informatika
PT TELKOM INDONESIA
Ø Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.
Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar
52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom
diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York
Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.
Dalam upaya bertransformasi menjadi digital
telecommunication company, TelkomGroup mengimplementasikan strategi bisnis
dan operasional perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).
Transformasi tersebut akan membuat organisasi TelkomGroup menjadi lebih lean (ramping)
dan agile (lincah) dalam beradaptasi dengan perubahan industri
telekomunikasi yang berlangsung sangat cepat. Organisasi yang baru juga
diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menciptakan customer
experience yang berkualitas.
Kegiatan usaha TelkomGroup bertumbuh dan berubah
seiring dengan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi, namun masih
dalam koridor industri telekomunikasi dan informasi. Hal ini terlihat dari lini
bisnis yang terus berkembang melengkapi legacy yang sudah ada
sebelumnya.
VISI
Menjadi digital telco pilihan utama untuk
memajukan masyarakat
MISI
- Mempercepat pembangunan
Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis,
dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
- Mengembangkan talenta digital
unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi
digital bangsa.
- Mengorkestrasi ekosistem
digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik
Struktur Perusahaan
Untuk mendirikan perusahaan, berikut
adalah data-data yang perlu Anda siapkan:
·
Opsi
Nama Perusahaan (Minimal 3)
·
Bidang
Usaha
·
Domisili
Perusahaan
·
Nama-Nama
Pemegang Saham & KTP
·
Komposisi
Pemegang Saham
·
Modal
Dasar Perusahaan(Minimal Rp51.000.000)
·
Modal
Disetor (Minimal Rp51.000.000)
·
Susunan
Direksi dan Komisaris
·
KTP
Direktur dan Komisaris
·
NPWP
Direktur
·
Fasfoto
3×4 2 lembar
Berikut adalah langkah-langkah utama
dalam proses pendirian perusahaan.
·
Membuat
akte perusahaan
Karena perusahaan berbadan hukum
maka sangat mutlak perlu membuat akte perusahaan Anda. Biasanya akte ini berisi
informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik
modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur
utama, direktur, dan para komisaris. Akta
pendirian perusahaan: Akta Notaris Imas Fatimah, S.H., No.128,
tanggal 24 September 1991 (PT Telekomunikasi Indonesia (Persero))
·
Mendapatkan
Surat Keterangan Domisili Usaha.
Ini
Anda dapatkan dari kantor kelurahan atau kantor kepala desa di mana perusahaan
Anda berdomisili. Untuk mendapatkan surat keterangan domisili, Anda memerlukan
salinan akte perusahaan Anda. Selain itu, petugas kelurahan kadang atau sering
juga menanya apakah tempat usaha disewa atau milik sendiri. Bila disewa, mereka
menanya copy perjanjian sewa menyewa. Bila milik sendiri, mereka meminta copy
sertifikat tanah dan IMB.
·
Mengurus
NPWP perusahaan.
Untuk mendirikan aperusahaan, NPWP
perusahaan adalah mutlak. Untuk mendapatkan NPWP, Anda memerlukan salinan akte
perusahaan dan Surat Keterangan Domisili. Ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di
wilayah tertentu meminta copy SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian
Perusahaan. Ada juga yang hanya meminta akte dan SK Domisili. NPWP :01.000.013.1-051.000
·
Mendapatkan
Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan
HAM.
Untuk
mendapatkan ini, diperlukan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan
Domisili.
·
Mengurus
SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
SIUP
merupakan bagian dari proses mendirikan PT agar perusahaan Anda bisa
beroperasi. Mengurus SIUP relatif sama di berbagai tempat. SIUP : 510/3-0689/2013/7985-BPPT
·
Mengurus
Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
TDP
merupakan bagian dari proses pendirian perusahaan. Biasanya ini diurus setelah
Anda mendapatkan SIUP. Pada pemda tertentu, Anda dapat mengurus SIUP dn TDP
sekaligus. Persyaratannya relatif sama untuk berbagai daerah. TDP : 101116407740
Ø SDM & Organisasi
Struktur
organisasi pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yaitu:
·
President
Director
Menetapkan
sasaran utama Perusahaan melalui strategi korporasi jangka pendek dan jangka
panjang. Mengelola segala aspek Perusahaan untuk memastikan operasional yang
efektif dan menguntungkan, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya
pertumbuhan berkelanjutan untuk mencapai hasil maksimum dari modal yang
diinvestasikan. Memimpin perubahan mode operasional dan mengelola lingkungan
internal dan eksternal.
·
Finance
Director
Mengembangkan dan
mengimplementasikan strategi keuangan Indosat, mencakup fungsi-fungsi
pengendalian, treasury, akuntansi dan pendapatan usaha. Memberikan saran pada
unit usaha dan fungsi-fungsi korporasi mengenai rencana keuangan dan model
ekonomi perusahaan.
·
Network
Director
Memastikan
dukungan teknologi bagi fungsi-fungsi operasional, memungkinkan peluncuran produk
pada waktu yang tepat; juga memastikan operasional harian aset-aset teknologi
secara efektif dan efisien. Membangun jaringan untuk mendukung pertumbuhan
usaha dan mengoperasikan jaringan yang kompetitif dan berkualitas tinggi di
dalam anggaran belanja operasional dan belanja modal yang disepakati.
·
Information
Director
Jabatan
umum diberikan kepada orang di suatu perusahaan bertanggung jawab untuk
teknologi informasi dan sistem komputer yang mendukung tujuan perusahaan.
·
Human
Capital Management Director
Merencana,
mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan manajemen sumber daya manusia,
mengelola properti, manajemen fasilitas, mengelola grup hukum, sekretaris
perusahaan dan memastikan proses transformasi berjalan dengan baik.
·
Planning
and Transformation Director
Memberi
sarankan kepada Presiden Direktur & CEO dalam mengembangkan tujuan
strategis untuk penciptaan nilai, pengembangan daya saing perusahaan, mengawasi
perkembangan bisnis serta kegiatan perencanaan perusahaan.
·
Marketing
Director
Marketing
Director adalah sebuah kepangkatan dalam perusahaan yang mengacu pada seorang
eksekutif yang bertanggung jawab untuk berbagai kegiatan pemasaran.
Sistem Penggajian PT Telekomunikasi Indonesia Tbk:
Jabatan |
Gaji/Bulan |
Security |
Rp 2.000.000 |
Junior Staff / Account Staff |
Rp 3.500.000 |
Helpdesk |
Rp 2.800.000 |
On Site Engineer |
Rp 3.200.000 |
Internship Student |
Rp 400.000 |
Software Engineer |
Rp 4.000.000 |
General Manager |
Rp 30.000.000 |
Vice President |
Rp 70.000.000 |
Director |
Rp 112.500.000 |
Marketing Staff Development
Program |
Rp 4.000.000 |
Secretary |
Rp 6.000.000 |
Assistant Manager Corporate
Finance |
Rp 12.000.000 |
Administration |
Rp 4.000.000 |
Solution Engineer |
Rp 4.000.000 |
Programmer Analyst |
Rp 4.000.000 |
Management Trainee |
Rp 5.000.000 |
Assistant Manager |
Rp 11.500.000 |
Manager |
Rp 16.500.000 |
IT Support |
Rp 3.000.000 |
Intern |
Rp 2.100.000 |
Trainee |
Rp 4.200.000 |
Technical Support |
Rp 3.100.000 |
Junior Officer |
Rp 4.500.000 |
Engineer on Site |
Rp 4.600.000 |
IT App Development (MT IT) |
Rp 4.300.000 |
Managerial |
Rp 17.700.000 |
IT Engineer |
Rp 3.100.000 |
Information Technology |
Rp 8.000.000 |
Senior Account Manager |
Rp 17.500.000 |
Internship |
Rp 300.000 |
Operator Telekomunikasi |
Rp 4.000.000 |
Call Center |
Rp 1.500.000 |
Cleaning Service Staff |
Rp 1.000.000 |
Maintenance |
Rp 1.500.000 |
Cost Control Staff and Site
Engineer Staff |
Rp 4.000.000 |
Technical Supervisor |
Rp 1.500.000 |
Administration IT Support |
Rp 2.500.000 |
On The Job Training |
Rp 4.000.000 |
Teknik |
Rp 2.500.000 |
Senior SAP Consultant |
Rp 40.000.000 |
Pekerja |
Rp 900.000 |
Marketing Staff |
Rp 10.000.000 |
Mechanical Engineer Project
Engineer |
Rp 2.500.000 |
Pembantu Pegawai Teknik |
Rp 4.000.000 |
Marketing Executive Marketing
Communication |
Rp 2.500.000 |
Sales |
Rp 900.000 |
Technician |
Rp 2.500.000 |
Research Assistant |
Rp 2.500.000 |
Front Liner |
Rp 2.500.000 |
Junior Consultant |
Rp 4.000.000 |
Telemarketing |
Rp 300.000 |
Staf Promosi |
Rp 1.500.000 |
Staf Administrasi dan Teknis |
Rp 4.000.000 |
IT Admin |
Rp 4.000.000 |
Billing Staff |
Rp 2.500.000 |
Teknisi Listrik |
Rp 1.500.000 |
Sales |
Rp 4.000.000 |
Assistant Researcher |
Rp 2.500.000 |
PHP Programmer |
Rp 8.000.000 |
Strategic Account Manager |
Rp 16.500.000 |
Ø Aspek Pemasaran
Berikut
adalah saluran distribusi pemasaran utama layanan dan produk PT Telekomunikasi
Indonesia :
1. Plasa Telkom dan GraPARI adalah outlet/lokasi yang
berfungsi sebagai walk-in customer service points, di mana
pelanggan dapat mengakses seluruh produk dan layanan kami. GraPARI dikhususkan
untuk layanan seluler dan dikelola oleh Telkomsel Selain itu outlet seluler
untuk skala kecil dengan nama GeraiHalo dikelola oleh pihak ketiga.
2. Contact Center menangani
pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, layanan dan transaksi nasabah kecuali
fungsi payment. Contact center kami juga
mengoperasikan layanan pelanggan (telecaring) dan program telemarketing.
3. Partnership Store adalah perpanjangan jalur
distribusi melalui kerja sama dengan berbagai outlet pemasaran pihak ketiga
seperti toko komputer, toko elektronik, bank, dan sebagainya.
4. Feet on The Street adalah dealer penjualan produk
kami, terutama Speedy, yang melakukan aktivitas pemasaran secara langsung
melalui door-to-door, open table, pameran, demo produk dan
aktivitas sejenis.
5. Dealer resmi dan gerai ritel, merupakan outlet pendistribusian
beragam produk telekomunikasi seperti penjualan kartu Speedy Instan, kartu
langganan Flexi, paket perdana dan voucher. Dealer ini bersifat
non-eksklusif dan mendapat potongan harga atas seluruh produk yang mereka
terima. Outlet ritel juga termasuk outlet kerjasama antara kami, Telkomsel dan
PT Pos Indonesia dan juga outlet lain seperti bank.
6. Tim Account Manager, yang mengelola relasi dengan
pelanggan personal dan pelanggan bisnis serta pelanggan korporat.
7. Telkom Solution House (“TSH”) adalah tempat dimana
pelanggan enterprise dapat memperoleh informasi mengenai
beragam solusi TIMES, layanan dan produk, serta teknologi terkini. Informasi
yang disajikan di TSH ditayangkan dalam bentuk live demo for free (seperti
Speedy, Hotspot, PDN, IP-Phone), live demo untuk kepentingan
komersial (seperti video conference), konsultasi enterprise dan
solusi ecosystem business yang di sesusaikan dengan kebutuhan
TIMES korporasi, dan demo simulasi (seperti e-Payment &
VPN melalui GSM dan Flexi).
8. SME Centers adalah fasilitas untuk
pelanggan bisnis yang berfungsi sebagai communication center dengan
dukungan fasilitas perkantoran yang canggih, sebagai community center tempat
berinteraksinya pelanggan, serta sebagai commerce center terutama
untuk melayani solusi e-commerce.
9. Website Perusahaan merupakan wadah
informasi seluruh produk dan layanan kami, baik multimedia maupun telepon, yang
dapat diakses pelanggan melalui situs online korporat di www.telkom.co.id dan www.telkomsel.com
Ø Aspek Keuangan
Telkom
merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah
Indonesia (52,56%), dan 47,44% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan
Investor dalam Negeri.Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak
perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Direktur
Utama Telkom saat ini adalah Alex Janangkih Sinaga, menggantikan Arief Yahya
yang telah menjadi Menteri Pariwisata di Kabinet Kerja Jokowi.
Kebijakan
manajemen risiko keuangan yang dilakukan, yaitu:
A.
Risiko–Risiko yang Terkait Dengan Indonesia
·
Risiko–Risiko
Politik dan Sosial
·
Risiko
Makro Ekonomi
·
Risiko-Risiko
Bencana
·
Risiko–Risiko
Lain
B. Risiko-Risiko
Terkait Dengan Bisnis Kami
·
Risiko
Operasional
·
Risiko-Risiko
Keuangan
·
Risiko-Risiko
Hukum dan Kepatuhan
·
Risiko
– Risiko Regulasi
·
Risiko
Kompetisi Terkait Dengan Telekomunikasi Tidak Bergerak Kami
·
Risiko-Risiko
Persaingan Terkait Dengan Bisnis Seluler Kami (Telkomsel)
·
Risiko-risiko
terkait dengan Pengembangan Bisnis Baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar